5 Contoh Lingkungan Tidak Sehat & Penyebabnya

Global warming atau pemanasan global merupakan salah satu isu yang marak beredar saat ini. Pasalnya suhu bumi semakin tinggi yang disebabkan oleh penipisan lahan hijau di seluruh dunia. Hal ini sangat merisaukan, mengingat perubahan musim menjadi tidak terkendali.

Semua ini tercipta berdasarkan pola hidup masyarakat yang masih semena-mena dan kurangnya rasa empati terhadap lingkungan sekitarnya. Padahal lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan ketidaknyamanan penghuni serta menimbulkan berbagai jenis penyakit.

Kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sehat sangat mengkhawatirnya, terlebih jika ternyata kita tidak menyadari bahwa kita sendiri pun hidup di lingkungan yang tidak sehat. Berikut ini ada beberapa contoh lingkungan tidak sehat dan penyebabnya yang wajib Anda ketahui.

1.Memiliki Kualitas Udara Yang Buruk

Lingkungan yang tidak sehat ditandai dengan kulitas udara yang buruk. Dimana ciri-cirinya adalah udara di sekitar lingkungan tersebut berwarna putih maupun hitam. Hal ini terjadi dikarenakan pencemaran udara yang dihasilkan oleh pabrik, adap yang ditimbulkan dari kendaraan dan masih banyak lagi. Udara ini sangat tidak segar dan juga menimbulkan bau, dimana dapat mengganggu pernapasan warga yang tinggal di daerah tersebut. Kondisi ini sangat membahayakan, terlebih untuk anak-anak karena dapat menyebabkan infeksi saluran penafasan paru-paru dan juga menimbulkan flek.

2.Terdapat Polusi Udara

Lingkungan tidak sehat tidak hanya dapat dirasakan dengan indra penglihatan, namun juga indra pendengaran. Lingkungan tidak sehat biasanya memiliki polusi suara yang berasal dari kendaraan lalu lalang maupun suara mesin pabrik yang ada didekat lingkungan tersebut. Suara bising tersebut dapat berpengaruh secara psikologis yang akan memicu timbulnya stress. Kondisi seperti ini biasanya di temukan di pusat-pusat kota yang tidak terawat.

3.Lingkungan Terlihat Kumuh

Terdapat beberapa bangunan kumuh juga dapat memberikan kesan bahwa lingkungan Anda tidak sehat. Bangunan menjadi kumuh bisa saja tercipta lantaran jarang sekali dilakukan perawatan dan pembersihan. Bangunan tidak di cat selama kurun waktu tertentu sehingga warnanya memudar dan mengusam.

4.Terdapat Sungai Yang Kotor & Tidak Terawat

Sungai berfungsi sebagai penampung air jika hujan terjadi. Sungai juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat tinggal ekosistem hewan air. Namun apa jadinya jika sungai tersebut kotor dan airnya berwarna keruh? Selain tidak enak di pandang, sungai yang kotor dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Kondisi ini biasanya ditimbulkan dari perilaku membuang sampah sembarangan dan tidak adanya perawatan sungai secara rutin.

5.Tidak Terdapat Sarana Kebersihan

Semua lingkungan wajib memiliki sarana kebersihan berupa tempat pembuangan sampah. Jika di lingkungan Anda tidak ditemukan tempat pembuangan sampah tersebut, maka Anda tinggal di lingkungan yang tidak sehat. Ketidaktersediaan tempat sampah dapat memicu perilaku membuang sampah sembarangan yang sangat tidak baik untuk kesehatan lingkungan hunian.